Islam Ke Kristen

Malaikat Pencabut Nyawa di Kristen

Kitab Ibrani 1:14 dengan lugas menjelaskan bahwa malaikat adalah roh-roh yang melayani. Mereka diciptakan untuk melayani Allah yang Maha Kuasa.

Kediaman mereka adalah di Surga, tempat Allah bertahta. Selain bertugas untuk melayani Allah, kitab Mazmur 148:2 menulis bahwa malaikat diciptakan untuk memuji Allah. Demikian tertulis, “Pujilah Dia, hai segala malaikat-Nya, pujilah Dia, hai segala tentara-Nya!”

Alkitab menceritakan adanya malaikat-malaikat berjulukan Serafim yang mengelilingi tahta Allah dan mereka terus menerus tiada henti-henti memuji Allah.

Nabi Yesaya menceritakan penglihatannya demikian, “Dalam tahun matinya raja Uzia aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci.”

Para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: “Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” (Yesaya 6:1-3).

Mengutip dari Media.nelti.com, dalam Kristen Katolik, mengenal 7 malaikat Agung yang memiliki nama dan tugas-tugasnya masing-masing. Namun tidak disebutkan dalam alkitab, tentang tugas malaikat pencabut nyawa. Dalam Alkitab malaikat agung yang sering disebut yaitu Mikhael, Gabriel, Rafael, sedangkan keempat malaikat agung lainnya adalah Uriel, Barachiel, Sealtiel dan Yehudi.

Meskipun tak disebut secara khusus tentang malaikat pencabut nyawa, tetapi menurut Alkitab, ketika manusia meninggal, jiwa dan roh orang-orang yang ada di dalam Yesus, roh mereka akan pergi ke surga (1 Kor 5:5) dan surga yang dimaksudkan adalah Firdaus.

Sedangkan jiwa-jiwa yang menolak Yesus akan masuk ke siksaan api neraka sementara bersama-sama dengan orang-orang dari zaman Nuh yang juga menolak Kristus (1 Petrus 3:20).

Sesudah itu mereka akan dihukum untuk selama-lamanya di lautan api kekal (Wahyu 20:15). Roh dan jiwa mereka dibawa oleh malaikat ke satu tempat yang dalam.

Ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa roh orang mati tidak bisa berjalan sesukanya, tetapi mereka tetap dikawal. Jadi arwah orang mati bersikap pasif tidak tidak mempunyai pilihan lain, ia harus menuruti malaikat yang membawanya.

Dalam Kamus Teologi dapat mengartikan Kematian sebagai akhir kehidupan jasmani yang terjadi secara otomatis, menurut waktu yang ditetapkan oleh Tuhan, dan tidak ada satu pun manusia yang mampu menolak kematian.

Dengan kematian sejarah hidup manusia dihadapan Allah mencapai bentuk yang lengkap dan tak dapat diubah. Kitab suci memandang kematian sebagai hal yang alami, (Mzm 49 11-12; ayat 40:6-7) dan sebagai akibat dosa (Kej.3:19; Rm 5:12). Kematian adalah musuh terakhir yang harus dikalahkan (1Kor 15:26)

Tempat ibadah Budha

Nama tempat ibadah Budha adalah Vihara atau kerap ditulis Wihara. Layaknya tempat ibadah agama lain, Vihara memiliki banyak fungsi selain sarana berdoa. Salah satunya sarana sosial kemasyarakatan.

Fungsi Vihara lainnya adalah fasilitas pendidikan, pengembangan budaya, dan membangun komunitas umat Budha di Indonesia. Vihara tentunya bukan tempat ibadah asing bagi masyarakat Indonesia.

Tempat ibadah Kristen dan Katolik

Umat kedua agama tersebut beribadah di gereja, yang mudah ditemukan di lingkungan umum. Sama seperti masjid, gereja tidak hanya menjadi sarana ibadah. Tapi juga menjalin komunikasi antar umat dan lingkungan umum.

Salah satunya lewat kegiatan sosial yang bertuan membantu masyarakat luas. Misal mengumpulkan makanan dan membaginya pada yang membutuhkan, organisasi amal, bantuan pada tunawisma, dan pendidikan pada segala lapisan usia.

Tempat ibadah Hindu

Hindu menjadi agama berikutnya yang dianut masyarakat Indonesia. Tempat ibadah Hindu adalah Pura yang memiliki beberapa klasifikasi dan fungsi. Pura menjadi tempat berdoa pada Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, para dewa, dan roh leluhur.

Selain sebagai tempat ibadah, Pura menjadi sarana melakukan kegiatan sosial. Misal sarana pendidikan moral, mewujudkan rasa bakti, dan belajar berbagai keterampilan yang bermanfaat.

Ucapan Belasungkawa Kristen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

ERA.id - Ramadan tahun ini, ribuan umat Islam memadati ruang dan pelataran Hagia Sophia untuk melaksanakan salat terawih yang pertama kali dalam sejarah Turki modern. Terhitung sekitar 88 tahun Hagia Sophia tidak dipakai untuk salat Tarawih. Itu bermula karena pada 10 Juli 2020, saat Recep Tayyip Erdoğan dengan berani mencabut status Hagia Sophia sebagai museum.

Keputusan Presiden Turki itu jelas menimbul tanggapan dari tokoh dunia. Seperti tanggapan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis yang menyebut keputusan dari pemerintah Turki sebagai penghinaan terhadap karakter oikumenis dari Hagia Sophia.

Bahkan, petinggi agama dunia seperti Paus Fransiskus merasa sangat sedih mendengar kabar atas perubahan status tersebut.

Hagia Sophia kembali difungsikan sebagai masjid, yang sebelumnya pada 1934, Mustafa Kemal Ataturk mengubahnya menjadi museum.

Ataturk menjadikan Hagia Sophia sebagai museum untuk memuluskan visinya, yaitu  Turki sebagai negara sekuler. Hal-hal yang berbau agama akan ditiadakan. Seperti perempuan dilarang berjibab dan azan tidak menggunakan bahasa Arab, tetapi bahasa Turki.

Pada 1985, Hagia Sophia diakui sebagai salah satu dari situs Warisan Dunia UNESCO yang disebut Area Bersejarah Istanbul.

Dalam bahasa Turki, Hagia Sophia disebut Ayasofya. Dalam bahasa Latin, Sancta Sophia. Hagia Sophia juga punya sebutan lain, yaitu Gereja Kebijaksanaan Suci (Church of the Holy Wisdom) dan Gereja Kebijaksanaan Ilahi (Church of the Divine Wisdom).

Hagia Sophia ialah bangunan bersejarah yang dibangun pertama kali di atas pondasi atau tempat kuil pagan, 325 Masehi, atas perintah Kaisar Konstantinus I.

Sesuai penjelan di ensiklopedia Britannica, bahwa putranya, Konstantinus I, mengubah bangunan awal sebagai gereja Ortodoks pada 360 Masehi.

Hagia Sophia pernah terbakar karena kerusuhan konflik politik di dalam keluarga Kaisar Arkadios pada 404 M.

Selepas Arkadios turun dari tahtanya, ada Kaisar Theodosis II yang membangun struktur kedua Hagia Sophia. Ada beberapa penambahan struktur, misal lima nave dan jalan masuk khas gereja dengan atap terbuat dari kayu.

Pada masa kekaisaran Justinan I, pembangunan gereja Hagia Sophia dibangun dari awal sebab ketika itu ada peristiwa revolusi Nikka mengakibatkan konstruksinya hancur pada Januari 532 M. Dari sini sang Kaisar kemudian membayangkan penggantinya yang lebih bagus nan megah.

Pascarevolusi tersebut, arsitek terkenal, Isidoros (Milet) dan Anthemios (Tralles), diperintahkan oleh Justinian I memerintahkan mereka untuk mendirikan ulang Hagia Sophia.

Dari pembangunan ulang inilah yang menjadi fondasi awal bangunan Hagia Sophia, yang sekarang dunia ketahui.

Hagia Sophia telah menyaksikan perpindahan era. Usianya sudah kurang lebih 1,5 milenium. Dan masih kokoh hingga sekarang, memang ada perbaikan di beberapa konstruksi.

Tahun 1453, Konstantinopel ditaklukan oleh Sultan Mehmed II. Era Kekaisaran Bizantium runtuh, Hagia Sophia dikuasai oleh Sultan Mehmed II dan menjadikannya sebagai masjid.

Sultan Mehmed II mempertahankan nama Hagia Sophia. Mungkin karena arti Sophia berarti 'kebijaksanaan' yang menjadi alasan kuat. Hagia Sophia ialah tempat suci untuk Tuhan.

Pada era Mehmed II, banyak mosaik dan lukisan Kristen yang ditutupi dan diplester. Kemudian, dihiasai dengan kaligrafi terkenal karya Kazasker Mustafa Izzet. Kaligrafi bertuliskan lafaz Allah Swt., Muhammad saw., empat khlaifah pertama, dan dua cucu Rasulullah saw., menghiasi dinding Hagia Sophia.

Saat Kemal Ataturk memimpin Turki semuanya berubah. Mosaik-mosaik yang sempat tersebunyi terbuka kembali. Dan masyarakat Turki melihat langsung lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus berjejer dengan kaligrafi Allah dan Muhammad saw. Dua simbol agama harmonis di gedung museum.

Apa pun latar belakangnya, semua bisa masuk di museum tanpa sungkan bahwa Hagia Sophia milik siapa.

Di zaman Erdogan, Hagia Sophia "dipaksakan" jadi milik satu agama, yaitu Islam. Dan ini yang disedihkan oleh Paus Fransiskus.

Ada beberapa agama yang dianut masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang religius. Tiap agama memiliki ciri khas masing-masing, salah satunya rumah ibadah. Tempat ibadah tumbuh subur di Indonesia sesuai kebutuhan umat.

"Masing-masing agama membangun sarana dan komunitasnya. Gereja, masjid, vihara, pura, klenteng tumbuh berbaur dalam komunitas masyarakat pemeluknya," tulis buku Toleransi Beragama karya Dwi Ananta Devi.

Buku tersebut menjelaskan nama tempat ibadah Budha, Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Konghucu serta fungsinya

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ucapan Belasungkawa Islam

Tempat ibadah Islam

Selain di rumah, umat Islam biasa beribadah di masjid atau mushola. Masjid berasal dari kata sajada yang artinya tempat sujud, Sedangkan mushola adalah masjid berukuran kecil, yang disebut dengan langgar atau surau.

Rumah ibadah Islam tak hanya menjadi tempat ibadah bagi muslim. Perayaan hari besar, ceramah, belajar, diskusi, dan kajian bisa dilakukan di masjid. Dalam sejarahnya, masjid juga menjadi sarana aktivitas sosial masyarakat dan kemiliteran.

Malaikat Pencabut Nyawa dalam Ajaran Hindu

Menurut kepercayaan umat Hindu, Yama (Sanskerta: ??; Yama) adalah dewa yang pertama kali dijumpai oleh roh orang mati saat berangkat menuju wilayah surgawi, sehingga dia juga bergelar dewa kematian. Tugasnya utamanya yaitu mengadili roh orang mati, dengan didampingi oleh asistennya yang disebut Citragupta, pencatat karma manusia. Karena keadilannya, ia disebut pula Dharmaraja.

Yama biasanya digambarkan sebagai seorang pria berkulit biru, memiliki wahana berupa seekor kerbau hitam raksasa. Ia bersenjata gada atau danda dan membawa jerat.

Yama juga dikatakan muncul dalam wujud berbeda saat menghampiri orang baik dan orang jahat menjelang kematiannya. Untuk orang jahat, Yama akan terlihat memiliki kaki yang sangat besar, dengan bibir tipis membara, mata sedalam ruang hampa, dan rambut yang terbakar api.

Untuk orang baik, dia dikatakan tampil sebagai sosok yang indah, mirip dalam bentuk Wisnu, dengan empat lengan dan mata menyenangkan. Dia memiliki dua anjing mengerikan bermata empat yang bertugas menjaga jalan yang dilewati roh orang mati menuju alam Yama.

Menurut kitab Purana, Yama adalah putra Surya atau dewa matahari dan Saranya putri Wiswakarma. Dia memiliki kakak bernama Waiwaswata Manu, dan saudara kembar perempuan bernama Yamuna. Selain itu, ia memiliki ibu tiri bernama Radnyi, Praba, dan Caya.

Yama memutuskan untuk pergi ke sebuah tempat suci yang bernama Gokarna. Di sana ia memuja Siwa dengan cara bertapa selama ribuan tahun. Siwa berkenaan dengan tapa yang dilakukan Yama, lalu ia diangkat sebagai dewa kematian. Ia diberi hak untuk menjatuhkan hukuman kepada orang-orang yang melakukan dosa, dan memberikan berkah kepada orang-orang yang berbuat kebajikan.

Malaikat Pencabut Nyawa dalam Buddha

Dalam Agama Buddha, diyakini bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya, tetapi manusia akan lahir kembali di kehidupan yang akan datang lagi setelah kematian. Ini yang membedakan Agama Buddha dengan agama yang lain.

Menurut ajaran Buddha, kematian terjadi dapat disebabkan oleh empat hal yaitu, habisnya kekuatan janaka kamma, habisnya masa kehidupan, habisnya janakkamma, dan habisnya masa kehidupan secara bersama-sama (ubhayakkhaya), dan munculnya kamma penghancur atau kamma pemotong yang kuat sehingga walaupun janaka kamma dan ayukkhaya belum habis, orang tersebut meninggal dengan cepat (upacchedaka kamma). Karenanya, tidak dikenal istilah malaikat pencabut nyawa dalam ajaran Buddha.

Perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan empat penyebab kematian tersebut berturut-turut adalah bagaikan pelita yang padam akibat habisnya sumbu, habisnya bahan bakar, habisnya sumbu serta bahan bakar, dan karena angin. Renungan akan kematian memberikan manfaat yang sangat besar kepada siapa pun, baik ketika masih hidup maupun ketika mendekati ajal.

Artikel terkait: 100 Nama Malaikat Sebagai Inspirasi Nama Buah Hati Anda

Seperti ini bentuk perenungan kematian diberikan oleh sang Buddha:

“Hidup di dunia ini tidak dapat diramalkan dan dipastikan. Hidup adalah sulit, singkat, dan penuh dengan penderitaan. Karena dilahirkan, orang harus mati. Inilah sifat dunia, dengan usia tua, ada kematian. Inilah sifat segala hal ketika buah telah masak, buah itu dapat jatuh dipagi hari.

Demikian pula, sesuatu yang lahir dapat mati pada saatnya. Bagaikan semua periuk yang dibuat oleh semua ahli tembikar akan berakhir dengan terpecahkan, begitu pula dengan kehidupan dari semua yang terlahirkan. Tidak muda ataupun tua, bodoh, maupun bijaksana akan terlepas dari perangkat kematian, semuanya menuju kepada kematian mereka menjalankan kedunia lain.”

Demikianlah informasi tentang malaikat pencabut nyawa dalam ajaran agama Islam, Kristen, Hindu dan Buddha. Semoga penjelasan ini memotivasi kita untuk menjalani hidup sebaik-baiknya.

Memiliki Kekuatan Supranatural, Ini Dia 14 Ciri Anak Kristal

15 Ciri-Ciri Anak Indigo, Apakah Si Kecil Juga Memilikinya?

Miris, Anak Terpaksa Bawa Jenazah Ayahnya di Atas Mobil karena Tak Ada Ambulans

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Dalam Kekristenan, malaikat adalah agen Allah, berdasarkan pada malaikat dalam Yudaisme.[1] Hierarki malaikat Kristen yang paling berpengaruh adalah yang dikemukakan oleh Pseudo-Dionysius Areopagite pada abad ke 4 atau ke 5 dalam bukunya De Coelesti Hierarchia (Dalam Hierarki Selestial).

Selama Abad Pertengahan, banyak skema diusulkan tentang hierarki, beberapa menggambar dan memperluas Pseudo-Dionysius, yang lain menyarankan klasifikasi yang sama sekali berbeda.

Menurut para teolog Kristen abad pertengahan, para malaikat diatur dalam beberapa ordo, atau "Paduan Suara Malaikat".[2][3]

Pseudo-Dionysius (Tentang Hirarki Surgawi) dan Thomas Aquinas (Summa Theologiae) mengambil bagian-bagian dari Perjanjian Baru, khususnya dalam Galatia 3:26-28, Matius 22:24-33, Efesus 1:21-23, dan Kolose 1:16, untuk mengembangkan skema tiga Hierarki, Spheres atau Triad malaikat, dengan masing-masing Hierarki berisi tiga Orde atau Paduan Suara. Meskipun kedua penulis menggunakan Kitab Perjanjian Baru, kanon Alkitab relatif diam pada subjek, dan hierarki ini dianggap kurang definitif daripada materi Alkitab.

Seperti yang disebutkan dalam doktrin teologis tentang persekutuan orang-orang kudus, di Firdaus ada visi yang sama dan unik tentang kebenaran dan kontemplasi Wajah Allah, tanpa ada perbedaan apa pun antara malaikat atau jiwa manusia. Teologia Summa menyatakan bahwa ada derajat yang berbeda dalam hal penciptaan, tentang kekuatan syafaat bagi Allah dan tentang kepercayaan langsung dalam kehidupan manusia.

Serafim (tunggal "Seraf") secara harfiah diterjemahkan "yang terbakar", kata seraf biasanya merupakan sinonim untuk ular ketika digunakan dalam Alkitab Ibrani.[4] Disebutkan dalam Yesaya 6:1-7, Serafim adalah kelas malaikat tertinggi dan mereka melayani sebagai penjaga takhta Allah dan terus menerus memuji: "Suci, suci, suci Ialah Tuhan semesta alam; seluruh bumi penuh dengan kemuliaan-Nya!" Menurut Yesaya 6: 1-8, Serafim digambarkan sebagai makhluk bersayap enam yang berapi-api; dengan dua sayap yang menutupi wajah mereka, dengan dua sayap lain yang menutupi kaki mereka, dan dua sayap terakhir yang mereka gunakan untuk terbang.

Kerubim memiliki empat wajah: satu dari seorang lelaki, seekor lembu, singa, dan seekor rajawali (yang kemudian diadopsi sebagai simbol dari keempat penginjil). Mereka memiliki empat buah sayap siam yang ditutup dengan mata (walaupun Wahyu 4: 8 tampak menggambarkan mereka dengan enam sayap seperti serafim), tubuh singa, dan kaki lembu. Kerubim menjaga jalan ke pohon kehidupan di Taman Eden (Kejadian 3:24) [5] dan tahta Allah (Yehezkiel 28: 14-16).[6]

Kerub disebutkan dalam Kejadian 3:24;[5] Keluaran 25:17–22; 2 Tawarikh 3:7–14; Yehezkiel 10:12–14,[7] 28:14–16;[6] 1 Raja-Raja 6: 23–28;[8]

Penggunaan bahasa modern telah mengaburkan perbedaan antara kerubim dan putti. Putti adalah makhluk seperti bayi/balita yang sering tanpa sayap (terkadang bersayap) yang secara tradisional digunakan dalam seni figuratif.

St Thomas Aquinas membayangkan Setan sebagai kerub yang jatuh.[9]

"Singgasana" atau "Takhta" (bahasa Yunani: thronoi, jmk: thronos), adalah kelas makhluk surgawi yang disebutkan oleh Rasul Paulus dalam Kolose 1:16 (Perjanjian Baru). Mereka adalah simbol yang hidup dari keadilan dan otoritas Allah, dan memiliki "singgasana" sebagai salah satu simbol mereka.

Sudah lazim untuk menemukan bahwa Singgasana dikaitkan oleh beberapa, dengan Ophanim atau Erelim dari hierarki malaikat Yahudi. Namun ada sedikit bukti ada untuk mempertahankan gagasan ini. Ophanim (Ibrani: ofanim: Roda, dari penglihatan [[]] Daniel:7:9-TB) terlihat tidak biasa, bahkan dibandingkan dengan makhluk surgawi lainnya, ditambah mereka dikatakan "digerakkan oleh roh makhluk lain." Yang kemudian menimbulkan pertanyaan apakah Ophanim adalah makhluk spiritual atau apakah mereka murni makhluk material. Pelek mereka ditutupi dengan ratusan mata. Mereka lebih dekat berhubungan dengan Kerubim sebagai gantinya: "Ketika mereka bergerak, yang lain bergerak; ketika mereka berhenti, yang lain berhenti; dan ketika mereka bangkit dari bumi, roda-rodanya naik bersama mereka; karena semangat makhluk hidup [Kerubim] Berada di atas roda. " Yehezkiel 10:17.

Para teolog Kristen yang memasukkan Singgasana sebagai salah satu paduan suara tidak menggambarkan mereka sebagai roda, menggambarkan mereka sebagai pemuja lelaki tua yang mendengarkan kehendak Tuhan dan mempersembahkan doa-doa manusia. Empat dan Dua Puluh Penatua dalam Kitab Wahyu biasanya dianggap sebagai bagian dari kelompok malaikat ini.

"Kekuasaan" (Lat dominatio, plural dominationes; Efesus 1:21), juga diterjemahkan sebagai "Pemerintah" (Yunani kyriotētes, Jmk dari kyriotēs; Kol 1:16), sebagai hierarki makhluk langit "Lordships" dalam beberapa terjemahan bahasa Inggris dari De Coelesti Hierarchia. Dominion mengatur tugas malaikat rendah. Sangatlah jarang para malaikat menampakkan diri mereka dan dikenali manusia.

Dominion diyakini terlihat seperti manusia yang cantik secara ilahi dengan sepasang sayap berbulu, sangat mirip dengan representasi umum malaikat, tetapi mereka dapat dibedakan dari kelompok lain dengan menggunakan bola cahaya yang diikatkan ke kepala scepters mereka atau di pommel dari pedang mereka. [ rujukan? ]

Malaikat-malaikat ini adalah mereka yang muncul saat terjadi tanda-tanda dan mukjizat di dunia.[10]

Istilah ini muncul untuk dihubungkan dengan atribut "kekuatan", dari dynamis akar Yunani (jmk Dynameis) di Efesus 1:21, yang juga diterjemahkan sebagai "Kebajikan" atau "Kekuatan". Mereka hadir sebagai Paduan Suara surgawi "Kebajikan", di Summa Theologica.

Dari De Coelesti Hierarchia karya Pseudo-Dionysius the Areopagite:

"Nama Kebajikan Suci menandakan kejantanan yang kuat dan tak tergoyahkan mengalir ke semua energi seperti Tuhan mereka; tidak menjadi lemah dan lemah untuk setiap penerimaan Iluminasi ilahi yang diberikan kepadanya; meningkat ke atas dalam penuh kekuatan untuk asimilasi dengan Tuhan; tidak pernah jatuh jauh dari Kehidupan Ilahi melalui kelemahannya sendiri, tetapi naik dengan tak tergoyahkan ke Kebajikan yang superessensial yang merupakan Sumber kebajikan: membentuk dirinya sendiri, sejauh mungkin, dalam kebajikan, dengan sempurna berbalik ke arah Sumber kebajikan, dan mengalir dengan hemat kepada orang-orang di bawahnya, dengan berlimpah mengisi mereka dengan kebajikan. "

"Kekuatan" (lat. Potestas (s), jmk. Potestates), juga diterjemahkan sebagai "Penguasa" (dari bahasa Yunani exousiai, jmk exousia; lihat akar bahasa Yunani di Ef 3:10),[10] bertugas untuk mengawasi pergerakan benda-benda langit untuk memastikan bahwa kosmos tetap teratur.[butuh rujukan]Menjadi malaikat prajurit, mereka juga menentang roh-roh jahat, terutama mereka yang memanfaatkan masalah ini di alam semesta, dan sering mengusir roh-roh jahat ke tempat-tempat penahanan. Malaikat-malaikat ini biasanya diwakili sebagai prajurit yang mengenakan baju besi dan helm penuh, dan juga memiliki senjata defensif dan ofensif seperti masing-masing perisai dan tombak atau rantai.

"Kerajaan" (bahasa Latin: principatus), juga diterjemahkan sebagai "Pemerintah" (dari bahasaYunani archai, jmk archē; lihat akar bahasa Yunani dalam Ef 3:10), adalah para malaikat yang membimbing dan melindungi bangsa-bangsa, atau kelompok-kelompok orang, dan lembaga-lembaga seperti Gereja. Para Kepala Kerajaan memimpin kelompok malaikat dan menugasi mereka untuk memenuhi pelayanan ilahi. Ada beberapa malaikat yang mengelola dan ada beberapa yang membantu.[10]

Para Kerajaan ditampilkan mengenakan mahkota dan membawa tongkat kerajaan. Tugas mereka juga adalah untuk melaksanakan perintah yang diberikan kepada mereka oleh malaikat bola atas dan mewariskan berkah bagi dunia material. Tugas mereka adalah mengawasi kelompok orang. Mereka adalah pendidik dan wali dari dunia bumi. Seperti halnya makhluk yang terkait dengan dunia ide-ide germinal, mereka dikatakan menginspirasi makhluk hidup untuk banyak hal seperti seni atau sains.[11]

Paulus menggunakan istilah pemerintahan dan otoritas dalam Efesus 1:21,[12] dan penguasa dan otoritas dalam Efesus 3:10.[13]

Kata "malaikat agung" berasal dari bahasa Yunani ἀρχάγγελος (Archangelos), yang berarti malaikat kepala, terjemahan dari bahasa Ibrani רב־מלאך (rav-mal'ákh) [14] Ia berasal dari bahasa Yunani archein, yang berarti menjadi yang pertama di peringkat atau kekuasaan; dan angelos yang berarti utusan. Kata ini hanya digunakan dua kali dalam Perjanjian Baru: 1 Tesalonika 4:16:TB dan Yudas 1:9:TB. Perlu juga dicatat bahwa istilah 'malaikat agung' di dalam muncul dalam bentuk tunggal dan merujuk pada Mikhael.

Dalam kebanyakan tradisi Kristen, Gabriel juga dianggap sebagai malaikat agung, tetapi tidak ada dukungan sastra langsung untuk asumsi ini.

Nama malaikat agung Rafael hanya muncul dalam Kitab Tobit (Tobias). Kitab Tobit dianggap Deuterokanonika oleh Katolik Roma (Ritus Timur dan Barat), Kristen Ortodoks Timur, dan Anglikan. Namun, Kitab Tobit tidak diakui oleh sebagian besar denominasi Protestan, seperti orang Kristen Reformasi atau Baptisan. Rafael berkata kepada Tobias bahwa dia adalah "salah satu dari tujuh orang yang berdiri di hadapan Tuhan", dan secara umum diyakini bahwa Mikhael dan Gabriel adalah dua dari enam malaikat agung lainnya.

Dalam teologi Ortodoks, nama malaikat agung keempat, yaitu Uriel yang namanya secara harfiah berarti "Terang Allah" muncul. Nama Uriel adalah satu-satunya yang tidak disebutkan dalam Alkitab Kristen Barat, tetapi memainkan peran penting dalam sebuah apokrif yang dibaca oleh orang-orang Kristen Anglikan dan Ortodoks Rusia, yaitu dalam Buku Ezra kedua (Buku Esdra keempat dalam Vulgata Latin). Dalam buku itu, ia mengungkap tujuh nubuat kepada nabi Ezra, setelah siapa nama buku itu dinamai. Ia juga berperan dalam Kitab Henokh Apokrifa, yang dianggap kanonik oleh Gereja Ortodoks Ethiopia dan Gereja Ortodoks Eritrea. Gereja Katolik tidak menganggap Uriel sebagai malaikat[15] sama seperti Kitab Henokh juga bukan bagian dari Alkitab Katolik.[16]

Tidak diketahui berapa banyak jumlah malaikat agung, tetapi beberapa tradisi mempercayai bahwa ada tujuh malaikat yang digelari "malaikat agung. Tujuh Malaikat Agung dikatakan sebagai malaikat penjaga bangsa dan negara, dan peduli dengan masalah dan peristiwa di sekitar, termasuk politik, masalah militer, perdagangan dan perdagangan: misalnya Malaikat Agung Mikhael secara tradisional dipandang sebagai pelindung 'Israel' dan ecclesia (Yun. akar kata ekklesia dari bagian-bagian Perjanjian Baru), secara teologis disamakan dengan Gereja, cikal bakal Israel Baru yang spiritual. Kemungkinan interpretasi lain dari ketujuh malaikat adalah bahwa ketujuh ini adalah tujuh roh Allah yang berdiri di hadapan takhta yang dijelaskan dalam Kitab Henokh, dan dalam Kitab Wahyu.[17]

"Malaikat" atau malakhim (Ibr: מַלְאָכִים), yaitu malaikat "biasa" (Yun: Ἄγγελοι, pl. Yun: Ἄγγελος, angelos, yaitu utusan), adalah urutan terendah dari makhluk langit, yang paling dikenal. Mereka adalah orang-orang yang paling peduli dengan urusan manusia. Dalam kategori malaikat, ada banyak jenis yang berbeda, dengan fungsi yang berbeda. Malaikat dikirim sebagai pembawa pesan ke umat manusia. Malaikat pelindung pribadi datang dari kelas ini.

Malaikat pelindung pribadi bukan dari berasal tatanan yang terpisah, melainkan berasal dari tatanan Malaikat. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa mereka ditugaskan untuk setiap manusia, Kristen atau bukan.[18] Tidak diketahui apakah mereka menjaga banyak manusia selama keberadaan mereka atau hanya satu, tetapi ini merupakan pendapat yang lebih umum.[19]

Menurut Pseudo-Dionysius di dalam De Coelesti Hierarchia (sekitar abad ke-5), sembilan jenis malaikat tersebut dikelompokkan dalam tiga "paduan suara malaikat". "Paduan suara pertama" yang melayani sebagai hamba surgawi dari Allah Anak yang berinkarnasi, terdiri dari Serafim, Kerubim, dan Singgasana. "Paduan suara kedua" yang bekerja sebagai pengelola surgawi dari ciptaan dengan menundukkan materi dan membimbing dan memerintah roh, terdiri dari Kekuasaan, Kebajikan, dan Kekuatan. "Paduan suara ketiga" yang berfungsi sebagai pemandu surgawi, pelindung, dan utusan bagi manusia, terdiri dari Kerajaan, Malaikat Agung, dan Malaikat (biasa).

Selama Abad Pertengahan, banyak skema diusulkan, beberapa menggambar dan memperluas Pseudo-Dionysius, yang lain menyarankan klasifikasi yang sangat berbeda (beberapa penulis membatasi jumlah Paduan Suara hingga tujuh). Beberapa hierarki lain diusulkan, beberapa dalam urutan yang hampir terbalik. Beberapa skema tersebut antara lain:

Di samping ini, daftar luas malaikat dan setan milik semua paduan suara dapat ditemukan dalam The Lemegeton dan The Sixth and Seventh Books of Moses.

Tempat ibadah Konghucu

Masyarakat Indonesia mengenal tempat ibadah Konghucu sebagai Klenteng atau Kelenteng. Keberadaannya tak bisa dilepaskan dari sejarah dan karakter masyarakat Indonesia yang religius.

Beberapa fungsi Klenteng adalah fasilitas ibadah, sarana pendidikan moral dan spiritual, pengembangan budaya, dan kegiatan sosial lainnya. Seperti rumah ibadah lain, Klenteng adalah situs sejarah dan pelestarian budaya China.

Semoga tulisan tentang rumah ibadah Budha dan agama lainnya bisa menambah pengetahuan detikers.

Agama Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha memiliki pengertian masing-masing terkait malaikat pencabut nyawa. Dalam ajaran Kristiani misalnya, tidak secara spesifik menyebut adanya malaikat dengan tugas mencabut nyawa manusia.

Pun dalam keyakinan agama Hindu telah mengenal istilah dewa kematian. Sedangkan dalam ajaran Buddha, diyakini bahwa segalanya akan lahir kembali di kehidupan yang lain setelah kematian.

Bagaimana juga, kematian memang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang mutlak. Kematian menciptakan ritual agama, menjadi bagian dari budaya, dan bahkan memengaruhi persoalan yang hidup, misalnya hukum waris.

Agama-agama samawi secara khusus memiliki penjelasan dan aturan masing-masing tentang apa dan bagaimana kematian itu. Bahkan, dalam beberapa agama diyakini ada malaikat pencabut nyawa yang memiliki tugas khusus perihal kematian manusia.

Hampir setiap agama percaya adanya kehidupan sesudah mati, dan balasan-balasan atas hidup yang sudah dijalani. Oleh karena itu, kali ini kami akan informasikan tentang malaikat pencabut nyawa dalam agama Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha.

Penjelasan ini tentu saja bisa menjadi bahan ajaran untuk buah hati Parents di rumah.